Mister Sometimes; Membuat Minggu Saya Jadi Ceria

June 1, 2008

Hari minggu pagi ini awalnya saya rasa cukup menjemukan. Saya memilih untuk praktek karena memang ada yang janji untuk konsultasi. Dan sorenya saya berniat untuk melihat relawan-relawan remaja KISARA yang latihan bikin blog. Pada ketularan rupanya. Nah, ternyata ada yang bikin hari ini jadi penuh senyum. Iya, ada pasien yang unik juga hari ini. Saya beri nama “Mr. Sometimes” deh. Kalau membaca postingan ini pasti akan mengerti kenapa saya berikan nama seperti itu.

Iya, tengah hari tadi di klinik saya kedatangan pasien, masih cukup muda, laki-laki, 28 tahun, dengan tangan kanan memegang uluhatinya. Kebetulan tadi jeda makan siang, jadi pasien masih lowong, klien yang janji konsultasi juga sudah datang lebih awal tadi, dan sudah beres. Perawat saya, Anik, mempersilakan pasien tadi masuk dan duduk. Karena memang kelihatan wajahnya sedikit meringis, saya bisa merasakan ada rasa sakit yang dia tahan. Dan selama hampir lima belas menit berjalan saya mendiagnosis rasa nyerinya itu disebabkan karena peningkatan asam lambung. Bahasa medisnya “Gastritis”. Sebuah keluhan yang banyak dialami juga oleh banyak orang. Sering disebut sakit maag. Hanya saja bukan itu yang ingin saya ceritakan di sini, tetapi beberapa rekaman dialognya. Ini yang sempat saya ingat. Ini adalah dialog setelah saya melakukan pemeriksaan fisik, saat saya menjelaskan sakitnya dan menulis resep.

Saya: Saya tanya lagi ya, apa sering nyeri uluhati seperti ini?
Pasien: Nggak juga dok, kadang-kadang aja, kalau telat makan dan makan yang asem-asem.

Saya: Kalau yang sekarang ini, timbul nyerinya sepanjang hari?
Pasien: Kadang bisa paginya dok, kadang malamnya.

Saya: Nyeri paling hebat dirasakan sebelum makan atau sesudah makan?
Pasien: Kadang bisa sebelum makan dok, kadang bisa juga setelah makan.

Saya: Kalau dibawa istirahat masih nyeri juga?
Pasien: Kadang-kadang dok.

Saya: Apa kira-kira ada ketegangan di pekerjaan atau dengan keluarga?
Pasien: Iya dok, kadang-kadang di pekerjaan saya mengalami stress dok.

Saya: Kok bisa?
Pasien: Iya dok, kadang-kadang saya dimarahi bos kalau paket yang diminta telat sampainya dok.

Saya: Ada masalah dengan keluarga juga?
Pasien: Kadang-kadang dengan kakak ipar saya dok. Dia kadang-kadang minjam uang sama saya.

Saya: Ok. Baik. Rupanya anda mengalami peningkatan asam lambung, sehingga lambung menjadi terasa penuh dan kembung. Jadinya juga nyeri. Ini saya berikan resepnya.
Pasien: Terima kasih dok.

Saya: Oya, ini becanda saja ya. Boleh nggak saya memanggil anda “Mas Kadang-Kadang?” Soalnya dari tadi anda menjawabnya dengan “kadang-kadang” melulu. Gimana?
Pasien: Ah, dokter bisa saja, hehe. Boleh deh..Temen-temen saya juga sering bilang gitu. Ok saya janji deh berusaha nggak bakal sering bilang seperti itu lagi. Paling tidak, nggak akan bilang gitu lagi sama dokter deh. Oya, makasih sekali lagi dokter..

Saya: Ok, diminum obatnya dan ingat pantangan yang tadi saya bilang sebelumnya ya. Oh, ya ada yang lupa, apa anda suka minum kopi?
Pasien: Kopi? Kadang-kadang dok…

Anik, perawat saya pun yang minggu-minggu ini cukup tegang dengan kehamilannya, jadi tersenyum lebar.
Dan hari minggu ini tidak jadi menjemukan. Sorenya pun saya bertemu dengan 15 wajah remaja ceria, yang berlatih bikin blog di Warung Kopi Cafe Renon. Hari Minggu yang menjadi ceria kembali. Terima kasih Mr.Sometimes.

22 Responses to “Mister Sometimes; Membuat Minggu Saya Jadi Ceria”

  1. ick Says:

    dokter :anda merokok?
    pasien :kadang2 dok
    [maksudnya kadang beli, kadang nyolong, kadang nodong ama temen] πŸ˜†

  2. bizkuit Says:

    haha, beneran nih dok? error banget tuh pasiennya…haha..
    tapi mungkin “kadang-kadang” dia juga gak error…

  3. Deddy Says:

    Hihihihi… kadang2 kejadian di ruang praktek emang lucu yah. ups…

  4. yudi Says:

    kadang-kadang pasien memang begitu pak dokter πŸ˜€
    mungkin pasien itu kadang-kadang aja ke dokter

  5. okanegara Says:

    @ ick: hehe..
    pasien: dok, kapan aja praktek?
    dokter: kadang-kadang…(wah ketularan…)
    @ bizkuit: maunya ketawa aja terus di klinik..
    @ Deddy: hehe..bener, nanti ada beberapa stok cerita lagi
    @ yudi: betul, jangan-jangan di juga kadang-kadang baca blog ini ya

  6. ady gondronk Says:

    itu karena sakitnya itu hanya kadang2 aja dok.

  7. Via Says:

    kalo dokternya aneh yah gak heran kalo pasien yang datang juga suka aneh – aneh he..he..

    btw, dok saya gak latah gara 2 pelatihan bikin blog di kafe renon lowh…cuma niru dok az, manfaatin mumpung punya pacar yang bisa dimanfaatin
    kan biar gak dibilang belog he..he..

  8. Tonny Says:

    Pasien: anda ini bener dokter ya?
    Dokter: kadang2 dokter.. kadang2 blogger.. kadang2 anak band.. tergantung situasi..

    kaakakka..

    Sukses selalu pak dokter..

    T.


  9. saya juga kadang-kadang kapah dok..
    kadang-kadang kapah ngeblog..
    he.he..

  10. Putu Adi Says:

    Yah begitulah hidup, kadang-kadang diatas kadang-kadang dibawah. Kalo saya lebih suka diatas gak pake kadang-kadang. Hehe…

  11. wira Says:

    hwahuahuahua… celebingkah beten biu πŸ˜€

  12. Biyung Nana Says:

    Wah… dok.. Nana mau juga donk resepnya.. soalnya juga suka kadang2 niy… πŸ˜€

  13. penyu Says:

    Kok rasanya saya pernah mengalami kejadian seperti itu, tapi saya berperan sebagai Pasien, jangan-jangan dok… , ya jawabnya gitu bli, kadang-kadang kanti inguh dokterne πŸ˜€

    salam kenal pak dokter πŸ˜€

  14. kagendra Says:

    oka, kadang kadang saya juga butuh resep buat kegilaan yang kadang kadang datang
    ketularan mr kadang kadang mode on

  15. okanegara Says:

    @ ady gondronk: hehe bener juga kali ya
    @ Via: ah via tau aja kalau saya aneh…pernah saya kerjain ya.huehe
    @ Tonny, I Made Yanuarta, Putu Adi, wira, Biyung Nana, penyu, kagendra: huaha PADA KETULARAN SI MAS KADANG-KADANG NIH SEMUA…SERU JUGA.

  16. bogeloblast Says:

    kadang-kadang saya juga somtime begitu dok…heheheheh……. jangan2 yang dateng itu mr saylow ya dok…hehehhe…salam kenal dok…

  17. indra1082 Says:

    Kelucuan yang memang kadang-kadang dirindukan….
    Aplaus buat Mr.Kaadang-kadang…hehehe

  18. temukul Says:

    Kalo pasien yang begini ini apa ndak sebaiknya disaranin ke psikiater aja hahahaha.

  19. ratutebu Says:

    wahhhh.. saiia boleh numpang konsultasi sekalian gak dok?? ^ditendang^ :mrgreen:


  20. Dok…
    Pasiennya kayak gimana modelnya?
    Kurus-ceking?
    Gemuk?
    Soalnya katanya, orang ‘kurus’ sering gak Pe-de..
    Dan orang yang ga pe-de, sering bilang “kadang-kadang”
    he..he..
    (kurus kali ya..)

  21. okanegara Says:

    @ bogeloblast: haha, emangnya saylow kaya gitu ya..met kenal juga ari bogel..balitv lancar kan..
    @ indra1082: iya dia bakal saya rindukan..
    @ temukul: jangan…gak apa-apa dia “kadang-kadang” datang. biar saya nggak stres..
    @ ratutebu: boleh kok, bisa di pages konsultasi or by email..serius nih
    @ Yudhi H.Gejali: kok tahu kurus? tapi nggak kurus banget..oya mas dokter yudhi blognya keren…biar lebih oke pindah ke wordpress saja

  22. winroses Says:

    h


Leave a comment